1 Polisi dan Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung Meninggal, 11 Terluka

Rabu, 07 Desember 2022 | 14:47 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
1 Polisi dan Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung Meninggal, 11 Terluka

ILUSTRASI. Polisi menutup akses jalan raya menuju Mapolsek Astana Anyar, Bandung, menyusul ledakan bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022).


TEROR BOM - JAKARTA. Bom bunuh diri Polsek Astana Anyar, Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat oleh kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD) Bandung atau JAD Jawa Barat pada Rabu (7/12) menyebabkan 1 pelaku meninggal dunia dan 1 anggota kepolisian meninggal dunia.'

Kepala Kepolisian RI Listyo Sigit Prabowo menyatakan terduga pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar, Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat oleh kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD) Bandung atau JAD Jawa Barat juga menyebabkan 11 orang terluka yang terdiri dari 10 orang polisi dan 1 warga sipil.

Kaplori Listryo Sigit menyatakan terduga pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar, Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat identik dengan nama Agus Sujatno (AS) alias Agus Muslim (AM).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan kami melihat recognisi pelaku identik dengan nama Agus Sujatno(AS) alias Abu Muslim (AM)," kata Kapolri Listyo Sigit seusai meninjau tempat kejadian perkara di Polsek Astana Anyar,  Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat Rabu (7/12) siang. 

"Satu anggota Polisi tadi dilaporkan telah meninggal dunia," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo. 

Baca Juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Astanaanyar, Penjagaan Polres Depok Diperketat

Menurut Kapolri dari kejadian perkara ledakan bom di Polsek Astana Anyar,  Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat Rabu (7/12) pagi polisi telah menyimpulkan bahwa kejadiannya adalah bom bunuh diri

Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar,  Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat Rabu (7/12) pagi mengakibatkan terduga pelaku Agus Jarno alias Agus Muslim meninggal dunia.

Saat ini Kapolri Listyo Sigit masih mendalami olah tempat kejadian perkara (TKP) yang sedang berlangsung. 

Selanjutnya tim akan melanjutkan proses pencarian kelompok yang terafiliasi dengan pelaku yang dari fakta-fakta yang ada di TKP.

Kapolri Listyo Sigit juga menjelaskan terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar,  Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat Rabu (7/12) ernah ditangkap peristiwa BPOM dan sempat dihukum 4 tahun lalu bebas pada September 2021. "Kegiatan yang bersangkutan telah kami ikuti," katanya.

Baca Juga: Pernyataan Resmi Polri Benarkan Dugaan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Sigit menegaskan, dari identifikasi terduga pelaku maka Polisi menegaskan bahwa pelaku adalah jaringan JAD Bandung. 

"Yang kami jelaskan pelaku terafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jawa Barat. Tim bekerja menuntaskan peristiwa yang terjadi," kata Sigit

Kapolri Sigit Listyo Sigit juga menjelaskan petugas Kepolisian di TKP telah menemukan belasan kertas yang bertuliskan protes penolakan terhadap Rancangan  Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang baru disahkan oleh pemerintah dan DPR

"Terutama membahas terkait hukuman pelaku zina dan sebagainya. Kami masih mendalami," kata Listyo Sigit.

Selanjutnya Kapolri memerintahkan kepada semua anggota polisi agar membantu dan tim menuntaskan tugas dengan masksimal. "Saya perintahkan agar semua satgas bergerak," katanya.

Pada kesempatan itu Kapolri juga menjelaskan AJ alias AM sebelumnya pernah menjalani hukuman penahanan di proses Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan atau sebagai nara pidana terorisme kasus bom Batu Nuggal. "Artinya masuk kelompok yang masih merah," kata Kapolri saat ditanya apakah terduga pelaku sudah pernah menjalani program deradikalisasi pelaku pidana terorisme.

Menurut Sigit, proses deradekalisasi nara pidana teroris atau pelaku pidana terorisme membutuhkan teknik berbeda bagi setiap orang. 

"Karena yang bersangkutan masih susah diajak bicara dan cenderung menghindar, meskipun telah beraktivitas di masyarakat," katanya.

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Ahmad Ramadhan memberikan penjelasan dalam video yang diunggah di situs youtube Mabes Polri, Rabu (6/12). 

Baca Juga: Bom Bandung, 1 Pelaku Tewas, Densus 88 Bertindak, Polisi Pastikan Situasi Aman

"Benar hari ini telah terjadi peristiwa dugaan bom bunuh diri sekitar pukul 08.20 WIB, di Polsek Astana Anyar,  Polres Kota Besar Bandung Jawa Barat," katanya 

Kepolisian sudah melakukan langkah-langkah pengamanan oleh tim Brimob terutama penjinak bom atau bahan peledak (jihandak) dan serta densus 88 Mabes polri.

Saat ini tim kepolisian dari penjinak bom atau Jihandak Brimob  Polda Jabar sedang melakukan sterilisasi tempat kejadian perkara sebelum penyidik melakukan olah TKP

Setelah selesai tim akan melakukan olah TKP dan dilanjutkan untuk mengumpulkan keterangan saksi-saksi kejadian. "Saat ini situasi terkendali harap masyarakat tenang," kata Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru