7 Juta Warga DKI Jakarta dan Sekitarnya Sudah Berangkat Mudik Lebaran

Sabtu, 30 April 2022 | 21:35 WIB Sumber: Kompas.com
7 Juta Warga DKI Jakarta dan Sekitarnya Sudah Berangkat Mudik Lebaran

ILUSTRASI. Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, saat ini tercatat 7 juta warga DKI Jakarta dan sekitarnya sudah berangkat mudik Hari Raya Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Menurut Zulpan, data tersebut berdasarkan hasil pemantauan Polda Metro Jaya hingga H-3 Lebaran 2022. "Kurang lebih sudah 7 juta orang (sudah mudik). Dari pemantauan kita sekitar 7 juta," ujar Zulpan, Sabtu (30/4/2022). 

Menurut Zulpan, jumlah warga yang melaksanakan perjalanan mudik tersebut masih akan terus bertambah sampai beberapa hari ke depan. Sebab, kepolisian dan pemerintah memperkirakan akan ada 13 juta warga di DKI Jakarta dan sekitarnya yang melaksanakan mudik pada Lebaran tahun ini. 

Baca Juga: Menhub: Kepadatan Kendaraan di Merak Mulai Terurai Sabtu Sore

Untuk diketahui, pemerintah telah membolehkan masyarakat mudik Lebaran 2022, tetapi dengan syarat harus vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan booster. Ini akan menjadi tahun pertama dibolehkannya mudik di tengah pandemi virus corona. 

Sebelumnya, pada Lebaran 2020 dan 2021, pemerintah melarang mudik. "Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers secara daring pada 23 Maret 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polda Metro: 7 Juta Warga DKI Jakarta dan Sekitarnya Sudah Berangkat Mudik"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru