Ada One Way di Tol Jakarta-Cikampek, Simak Rute Lalu Lintas yang Dialihkan

Sabtu, 07 Mei 2022 | 11:06 WIB   Reporter: Herlina KD
Ada One Way di Tol Jakarta-Cikampek, Simak Rute Lalu Lintas yang Dialihkan

ILUSTRASI. Simpang susun Cawang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jasa Marga melakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan lalu lintas di simpang susun Cawang, Gerbang Tol kalimalang 2 dan simpang susun Cikunir arah Cikampek, atas diskresi dari Kepolisian. Langkah ini dilakukan sebagai dampak dari pemberlakuan one way dari arah ruas tol Jakarta Cikampek hingga Km 03+500 (tol Halim).

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad mengatakan, ada sejumlah rute yang dialihkan sebagai imbas rekayasa lalu lintas ini.

Berikut pengalihannya:

Baca Juga: Ada One Way di Tol Japek, Lalu Lintas Simpang Susun Cawang Arah Cikampek Dialihkan

1. Pengalihan lalu lintas di SS Cawang

Pengalihan ini dimulai pukul 00.15 WIB, dengan melakukan penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek yaitu :

a. Km 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari Semanggi arah Cawang/Cikampek)
b. KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada/CMNP (dari Priok arah Cawang/Cikampek)
c. On ramp UKI (dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol) 

"Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara/Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi," jelas Irra dalam keterangan resminya Sabtu (7/5).

2. Pengalihan lalu lintas dari Ruas JORR E menuju ke Cikampek

a. Penutupan GT Kalimalang 2 
Pengalihan lalu lintas yang akan masuk GT Kalimalang 2 Ruas Tol JORR arah Cikampek dimulai pukul 07.15 WIB. Pengguna jalan yang akan menuju Cikampek dialihkan melalui jalan arteri Kalimalang.
b. Penutupan Ramp Km 45+200 A SS Cikunir (dari Jati Asih arah  Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan ke arah Rorotan/Tanjung Priok.
c. Penutupan Ramp Km 46+200 B SS Cikunir (dari Rorotan arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan menerus ke arah Jatiasih/Taman Mini.

"Selain itu, untuk mendukung one way ini diberlakukan rekayasa pada GT Cikunir 1, yang seharusnya digunakan untuk transaksi dari arah Cawang, digunakan untuk transaksi dari jalur one way untuk pembayaran tol Ruas JORR arah Rorotan maupun Jatiasih," imbuhnya.

Baca Juga: Jalur Menuju Puncak Ditutup, Polisi Terapkan One Way ke Arah Jakarta

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Irra bilang, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama dengan petugas pihak Kepolisan Wilayah, PJR dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi pengalihan lalu lintas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru