Anies Baswedan Optimis Bisa Ikut Bertarung Dalam Pilkada Jakarta 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 | 15:11 WIB   Reporter: kompas.com
Anies Baswedan Optimis Bisa Ikut Bertarung Dalam Pilkada Jakarta 2024

ILUSTRASI. Bakal calon gubernur Anies Baswedan optimistis bisa bertarung di kontestasi Pilkada Jakarta 2024.


PILKADA - JAKARTA. Bakal calon gubernur Anies Baswedan optimistis bisa bertarung di kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Ia percaya akan ada partai yang mengusungnya di Pilkada meski sampai saat ini belum terlihat ‘hilalnya’. “

Apa yang membuat saya tidak percaya? Enggak ada. Saya percaya (dapat dukungan partai),” ujar dia kepada wartawan di Akademi Bela Negara Partai Nasdem, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

Maka dari itu, untuk memuluskan jalannya ke Pilkada, Anies mengaku dirinya terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik (parpol).

Namun, Anies enggan merinci komunikasi yang sudah ia jalin dengan partai mana saja dan apa saja yang dibahas.

Baca Juga: Daftar 40 Orang yang Lolos Seleksi Tertulis Capim KPK 2024, Ada Sudirman Said

“Semua masih berjalan, memang ada percakapan-percakapan yang tidak di-posting ya, tapi komunikasi dan diskusi tetap berjalan,” tutur dia.

Di lain sisi, Anies tak pernah merasa terjegal oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) “Plus”.

Menurut dia, isu tersebut hanya sebatas spekulasi yang timbul di masyarakat. Terlebih, petinggi-petinggi partai belum membuat keputusan apapun berkait Pilkada Jakarta 2024.

“Semua itu hanya spekulasi-spekulasi. Kita lihat sekarang ini, memang sudah ada yang berubah? Belum ada yang berubah kan. Masih sama,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Kholid mengatakan, PKS sedang membahas dan mengkaji opsi bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) "Plus" pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Saat ini, koalisi pendukung Prabowo Subianto tersebut menyiapkan Ridwan Kamil (RK) sebagai cagub di Jakarta, serta mengajak sejumlah parpol di luar koalisi turut bergabung.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah juga membangun komunikasi politik dengan KIM, di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji dan dibahas oleh DPP PKS," ujar Kholid saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/8/2024) malam.

Kholid menambahkan, sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS sudah memutuskan bahwa kadernya harus ikut dalam kontestasi Pilkada Jakarta, baik sebagai cagub maupun cawagub.

Dia mengeklaim, prioritas PKS saat ini adalah memastikan pasangan Anies-Sohibul Iman berlayar.

Maka dari itu, PKS sangat berharap Anies sebagai kandidat bisa mengantongi dukungan parpol lain untuk memenuhi kekurangan empat kursi DPRD di Jakarta supaya bisa mendapatkan tiket untuk maju.

"PKS juga terus membangun komunikasi dengan Nasdem dan PKB agar bisa memastikan pasangan Anies-Sohibul Iman berlayar," tuturnya. "Namun, karena batas waktu (Anies cari tambahan dukungan) 4 Agustus tersebut sudah terlewati, maka PKS mulai membuka komunikasi dengan semua pihak agar ada kepastian bahwa kami bisa ikut berkontestasi di pilkada," sambung Kholid.

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Berpotensi Jadi Cawagub Ridwan Kamil

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Optimistis Bisa Bertarung di Pilkada Jakarta ", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/08/14191491/anies-optimistis-bisa-bertarung-di-pilkada-jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru