Atasi Kemacetan, Pemkot Surabaya Siap Kembangkan Taksi Air

Kamis, 22 Agustus 2024 | 08:50 WIB Sumber: Kompas.com
Atasi Kemacetan, Pemkot Surabaya Siap Kembangkan Taksi Air

ILUSTRASI. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.


SOLUSI MACET - SURABAYA. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana mengembangkan transportasi bernama taksi air. Hal tersebut untuk menciptakan angkutan umum bebas kemacetan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, transportasi taksi air tersebut masih dalam pembahasan. Dia berencana menerapkan angkutan massa itu pada 2025 mendatang.

"Tahun 2025 kita akan menggunakan taksi air. Soalnya kita sebagai kota maritim, jadi kota maritim memanfaatkan air dulu lah," kata Eri kepada media di Balai Kota Surabaya, Rabu (21/8/2024).

Saat ini, kata dia, Pemkot Surabaya telah berkoordinasi dengan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan terkait penerapan taksi air tersebut.

"Yang pasti, kami dengan Danlantamal V, kita sudah diskusi. Nanti kita juga akan menghadap Pak Koarmada, karena beliau mendukung dengan adanya taksi air ini," jelasnya.

Baca Juga: Taksi Terbang Buatan Hyundai, Sukses Uji Terbang di IKN

Eri mengungkapkan, taksi air tersebut dibuat sebagai transportasi umum bebas hambatan di Surabaya. Sebab, menurutnya, warga tidak akan naik angkutan yang masih terkena kemacetan.

"Betul (bentuknya) seperti perahu, tapi bukan perahu yang dayung. Saya pastikan, taksi air ini pasti tepat waktu, tidak mungkin tidak tepat waktu karena tidak ada halangan sama sekali," ujarnya. Nantinya, Eri akan turut memanfaatkan taksi air ketika berangkat ke kantornya di Balai Kota Surabaya. Hal tersebut untuk membuat masyarakat percaya dengan transportasi itu.

"Maka yang akan kita mulai adalah dari Jalan Gunung Sari sampai ke (Jembatan) Petekan. Nanti kita ada feeder (untuk lanjutkan perjalanan), maka saya ngantornya naik taksi air," ucapnya.

Lebih lanjut, Pemkot Surabaya nantinya bakal bekerja sama dengan sejumlah perusahaan kapal yang ada. Mereka bertugas menyediakan perahu yang dimanfaatkan untuk taksi air.

"Kemarin (koordinasi) dengan Dantamal V, nanti ada perusahaan yang akan menyediakn kapal atau perahu-perahunya, perusahaan kapal menyediakan perahu taksi airnya," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Surabaya Akan Buat Transportasi Umum Taksi Air pada 2025", Klik untuk baca: https://surabaya.kompas.com/read/2024/08/21/162324178/pemkot-surabaya-akan-buat-transportasi-umum-taksi-air-pada-2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru