Bea Cukai Soetta amankan dua WNA Nepal yang telan 160 kapsul isi sabu

Selasa, 04 Februari 2020 | 06:55 WIB Sumber: Kompas.com
Bea Cukai Soetta amankan dua WNA Nepal yang telan 160 kapsul isi sabu

ILUSTRASI. Bea Cukai Soetta amankan dua WNA Nepal yang telah 160 kapsul isi sabu. FOTO ANTARA/LUCKY.R/ss/ama/10


NARKOBA - JAKARTA. Dua pria asal Nepal berinisial PBG (39) dan CT (31) ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Banten, setelah diketahui akan menyelundupkan narkotika seberat 1,8 kilogram. Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan, kedua pelaku berangkat dari Thailand menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (17/12).

"Beberapa keterangan yang diberikan sangat meragukan sehingga petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kedua penumpang PBG dan CT," ujar Finari di Kantor Bea Cukai Bandara Seokarno-Hatta, Senin (3/2/).

Baca Juga: Polisi tangkap pengedar narkoba yang sembunyikan sabu dalam anus

Finari melanjutkan, ketika dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan narkoba di barang bawaan. Petugas kemudian melanjutkan pemeriksaan dengan menggunakan rontgen. Hasilnya, ditemukan banyak kapsul yang diduga berisi narkoba jenis methamphetamine di dalam perut pelaku.

"Kedua penumpang tersebut mengakui bahwa ada oknum berinisial S yang berdomisili di Bangkok sebagai pengendali mereka," kata Finari.

Para pelalu kemudian diminta mengeluarkan seluruh kapsul tersebut dari dalam perut. "Kemudian didapati PBG sebanyak 85 butir kapsul dan CT sebanyak 75 butir kapsul dengan total berat 1,8 kilogram," kata dia.

Cukai Bandara Soekarno-Hatta sebelumnya mengungkap enam kasus penyelundupan narkoba di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta dalam dua bulan terakhir.

Baca Juga: Polri: WNI ditangkap di Filipina dengan barang bukti 8 Kg sabu

Dari enam kasus penyelundupan tersebut, disita barang bukti 7,5 kilogram Metamphetamine atau sabu; 1,3 Kg ganja sintetis, dan 6,3 Kg tembakau gorila.

Bea Cukai bersama kepolisian menahan 16 tersangka dalam enam kasus tersebut. Di antaranya, tiga warga negara Nepal, satu warga negara India, satu warga negara Nigeria, dan satu warga negara Malaysia. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua WNA Nepal Telan 160 Kapsul Isi Sabu Seberat 1,8 Kg",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru