Catat, Ini Jadwal Car Free Night di Puncak Saat Malam Tahun Baru 2024

Minggu, 31 Desember 2023 | 14:17 WIB Sumber: Kompas.com
Catat, Ini Jadwal Car Free Night di Puncak Saat Malam Tahun Baru 2024

ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melintas di Simpang Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/12/2023). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.


LALU LINTAS - JAKARTA. Malam tanpa kendaraan bermotor atau car free night (CFN) digelar di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), saat malam tahun baru 2024. Car free night di Puncak diselenggarakan pada Minggu (31/12/2023) mulai pukul 18.00 WIB, hingga Senin (1/1/2024) pukul 01.00 WIB. 

KBO Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Bogor Iptu Ardian Novianti mengatakan, mulai pukul 18.00 WIB, bakal ada pengalihan arus atau penutupan bagi kendaraan dari luar Kabupaten Bogor yang akan menuju Puncak. 

Nantinya, kendaraan yang hendak menuju Puncak atau Kabupaten Cianjur, Jabar, dialihkan melalui rute Sukabumi-Cianjur.  Selain itu, bisa juga melalui rute Cibubur, Cileungsi, Jonggol, kemudian Cianjur maupun Bandung. 

Ardian menuturkan, bagi warga yang tinggal di daerah Puncak diberikan kelonggaran untuk beraktivitas hingga pukul 21.00 WIB. Lalu, mulai pukul 21.00 WIB sampai 01.00 WIB, jalur Puncak akan disterilkan dari kendaraan yang melintas. 

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Operasional LRT Jabodebek Diperpanjang hingga Pukul 2 Dini Hari

Satlantas Polres Bogor juga akan menutup jalur alternatif menuju akses utama jalur Puncak. 

"Sehingga diharapkan tidak ada kendaraan yang melintas, baik roda dua maupun roda empat, pada rentang waktu pukul 21.00 hingga 01.00 WIB," ujarnya, Sabtu (30/12), dikutip dari Tribunnews. 

Ia mengimbau, masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru 2024 di Puncak untuk tiba di lokasi tujuan sebelum penutupan dilakukan. 

Jika terdapat kendaraan yang masih melintas saat CFN berlangsung, petugas bakal mengarahkan kendaraan tersebut menuju area parkir. Di samping itu, petugas juga akan mengarahkan kendaraan untuk masuk ke jalur alternatif supaya tidak melintas di jalur utama. 

"Yang tidak diperkenankan untuk dilintasi yaitu jalur utama atau Jalan Raya Puncak menuju Cianjur," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadwal "Car Free Night" di Puncak Saat Malam Tahun Baru 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru