kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Dua nama kandidat Wagub DKI Jakarta akan diserahkan ke Anies Baswedan


Senin, 11 Februari 2019 / 18:09 WIB

Dua nama kandidat Wagub DKI Jakarta akan diserahkan ke Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat akan menyerahkan dua nama kandidat Wagub DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Anies Baswedan. Dua nama tersebut adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Dua nama yang akan disampaikan ke gubernur nanti Insya Allah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu," ungkap Syakir Purnomo di Jakarta, Senin (11/2). Dia menjelaskan dua nama tersebut adalah hasil rekomendasi dan pertimbangan tim panelis yang menjadi penguji fit and proper test.


Menurut Syakir, keputusan pemilihan dua nama lewat jalur fit and proper test semata demi menghindari faktor suka ataupun tidak suka yang mungkin terjadi. Syakir mengatakan, sosok Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dianggap cocok mewakili harapan kedua parpol pengusung soal posisi pendamping Anies di Ibu Kota.

"Jadi tidak ada faktor like and dislike tapi memang 3 orang yang baik ini, sudah dilakukan pengujian melalui fit and proper test, FGD, dan terakhir dilakukan pendalaman pada malam sabtu kemarin. Sehingga Insya Allah sudah mewakili harapan dari posisi cawagub yang akan diisi," terangnya.

Rencananya, Surat Keputusan dua nama Cawagub tersebut akan diserahkan kepada Anies Baswedan pada hari ini, Senin (11/2). Harapannya, setelah SK dua nama Cawagub diterima Anies, dirinya bisa langsung segera meneruskan ke DPRD DKI untuk dilakukan voting.

Setelah DPRD DKI melakukan voting suara, hasilnya akan diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kemudian yang bersangkutan akan dilantik oleh Presiden RI di Istana Merdeka.

"Dua nama tersebut menjadi acuan Gubernur Anies yang nanti suratnya kalau sesuai jadwal kesepakatan adalah hari senin saat ini. Mudah-mudahan bisa diberikan gubernur dan gubernur akan berkirim surat ke DPRD DKI secepatnya," ungkapnya.

Namun, SK yang dibuat PKS dan sudah dikirimkan ke Kantor DPD Gerindra DKI pada Minggu (10/2) malam, masih belum direspon pimpinan partai berlambang kepala garuda tersebut. "Dan sampai saat ini masih menunggu respon dari pimpinan Gerindra DKI Jakarta," kata dia.

Adapun tujuh kriteria yang ditetapkan panelis dalam Focus Group Discussion adalah 
(1) Integritas, 
(2) Pengetahuan dan pemahaman terhadap RPJMD, 
(3) Rekam jejak, 
(4) Relasi dengan DPRD, 
(5) Kecocokan dengan gubernur, 
(6) Memiliki akseptabilitas publik, dan
(7) Mampu merepresentasikan partai pengusung.

Diketahui, Agung Yulianto adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Mantan Auditor BPKP dan Direktur PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) yang merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal.

Sedangkan, sosok Ahmad Syaikhu memiliki reputasi di bidang pemerintahan, yaitu pernah menjadi Anggota Legislatif DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS 2008-2013 dan menjabat Wakil Walikota Bekasi 2013-2018. (Danang Triatmojo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Dua Nama Kandidat Wagub DKI Jakarta Bakal Diserahkan ke Anies Baswedan"


Reporter: TribunNews
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.2090

Close [X]
×