Heru Budi Hartono, Sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Begini Tananggapan Anies

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 00:27 WIB   Reporter: kompas.com
Heru Budi Hartono, Sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Begini Tananggapan Anies

ILUSTRASI. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono


KONTAN.CO.ID - Kepala Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, Heru Budi Hartono, resmi ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta. 

Hal itu ditetapkan dalam Rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10/2022) siang. 

Nama Heru diputuskan Presiden Jokowi setelah mendengar pertimbangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan anggota TPA serta menteri terkait. 

”Ya, sudah diputuskan Pak Heru (Budi Hartono),” ucap pejabat di Istana Merdeka, mengutip Kompas.id, Jumat (7/10/2022). 

Dari informasi yang diterima Kompas, Heru memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dua calon lainnya.

Baca Juga: Heru Budi Hartono Ditetapkan Sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Ini Profilnya  

Adapun dua calon lainnya yaitu Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah serta Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bachtiar. 

Rapat TPA tersebut hadir di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan menteri terkait dengan pejabat eselon 1 yang akan diputuskan dalam rapat TPA tersebut. 

Selain menteri anggota TPA dan menteri terkait, juga hadir perwakilan lembaga lainnya, seperti Badan Intelijen Negara, perwakilan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah mendengar kabar ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan selamat kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang telah dipilih menjadi penjabat (Pj) gubernur DKI Jakarta. 

Baca Juga: Hujan Deras Mengguyur Jakarta Ini Kebijakan Penanganan Banjir Semasa Gubernur Anies

"Selamat kepada Pak Heru Budi yang mendapatkan amanat untuk menjadi Pj (gubernur) DKI Jakarta," ucap Anies di Jakarta Selatan, Jumat. 

Anies menaruh rasa percaya kepada Heru yang memiliki pengalaman bertugas sebagai pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

Selain itu, Anies juga memercayai keputusan Presiden Joko Widodo yang mengangkat Heru sebagai Pj gubernur DKI. 

"Kami percaya pengalaman yang beliau (Heru) miliki akan menjadi bekal yang sangat baik," kata Anies. 
"Kami percaya bahwa Bapak Presiden mengambil keputusan dengan mempertimbangkan seluruh faktor yang lengkap demi kebaikan bagi masyarakat Jakarta," sambung dia. 

Anies mengaku bersyukur karena sosok yang terpilih menjadi Pj gubernur DKI adalah orang yang mengetahui permasalahan Ibu Kota. 

"Kami semua bersyukur bahwa yang akan bertugas adalah orang yang sudah mengetahui juga Jakarta," tutur Anies. 

Untuk diketahui, nama Heru diputuskan menjadi Pj gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Jokowi setelah mendengar pertimbangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan anggota Tim Penilai Akhir (TPA) serta menteri terkait.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Selamat, Pak Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI, Kita Bersyukur...", baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/07/19184771/anies-selamat-pak-heru-budi-hartono-jadi-pj-gubernur-dki-kita-bersyukur
 
dan artikel "Heru Budi Hartono Ditetapkan Menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta", baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/07/17295981/heru-budi-hartono-ditetapkan-menjadi-pj-gubernur-dki-jakarta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru