Ikut Akselerasi Digital, 130 UMKM di Manado Siap Naik Kelas

Rabu, 15 Maret 2023 | 22:40 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Ikut Akselerasi Digital, 130 UMKM di Manado Siap Naik Kelas

ILUSTRASI. Ikut Kelas Akselerasi Digital, Sebanyak 130 UMKM di Manado Siap Naik Kelas


PELATIHAN UMKM -  JAKARTA. Sebanyak 130 UMKM di Kota Manado hadir dalam acara Roadshow Klinik: Kelas Akselerasi Digital yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Manado. 

Acara ini diselenggarakan oleh Inaproduct bekerja sama dengan Tokopedia, dan dihadiri oleh berbagai pejabat seperti Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Walikota Manado, Managing Director Inaproduct.

Kemudian ada juga Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara, dan Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha.

Acara Kelas Akselerasi Digital diadakan untuk memberdayakan UMKM di Kota Manado dan memberikan pembekalan tentang go digital, sehingga UMKM menjadi lebih kompetitif dan kredibel. 

Program ini mencakup pembuatan profil bisnis melalui Inaproduct.com, literasi finansial, NIB, sertifikasi Halal, dan izin edar BPOM. Kelas Akselerasi Digital didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, BPOM, serta Garda Transfumi.

Dalam acara ini, UMKM diperkenalkan dengan saluran penjualan digital seperti ecommerce Tokopedia. Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia menjelaskan bahwa Tokopedia memiliki 12 juta seller di dalam ekosistemnya, dengan 99% di antaranya adalah UMKM.

Target pemerintah adalah agar 30 juta UMKM go digital pada tahun 2023, karena UMKM memiliki potensi yang tinggi dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional. 

Managing Director Inaproduct menyebutkan bahwa dengan dukungan yang tepat, UMKM bisa lebih memaksimalkan potensinya untuk Indonesia dan harus naik kelas, go digital, "serta memiliki sertifikasi agar bisa masuk retail, horeka, bahkan ekspor," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (15/3).

Acara Roadshow Klinik: Kelas Akselerasi Digital sebelumnya telah terselenggara di Yogyakarta, Medan, dan Bali serta dihadiri ratusan peserta. Rencananya, acara serupa akan hadir di kota-kota lain untuk memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru