Ini janji Agus terhadap Kali Cakung Lama

Selasa, 17 Januari 2017 | 19:21 WIB Sumber: Kompas.com
Ini janji Agus terhadap Kali Cakung Lama


JAKARTA. Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, mengatakan bahwa ia akan menormalisasi Kali Cakung Lama di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, jika terpilih sebagai gubernur.

Setelah berdialog dengan warga, Agus mengetahui bahwa Kali Cakung Lama itu masih banjir. Tinggi banjir di sekitar Kalu tersebut bisa mencapai 1 meter lebih.

"Tentunya, jika saya kepilih, maka kita segera melakukan langkah-langkah percepatan untuk melakukan normalisasi sungai," kata Agus saat berkampanye di RW 05 Semper Barat, Selasa (17/1).

Agus menilai, kali tersebut tidak ditangani dengan baik oleh pemerintah. Menurut Agus, pemerintah telah menjanjikan normalisasi. Namun, janji itu tak kunjung direalisasikan.

Ia juga mengatakan, jika dinormalisasi, daya tampung kali itu bisa bertambah.

"Kita harapkan betul kapasitas sungai benar-benar mengalirkan debit air dalam jumlah besar, dan meyakinkan agar tidak terjadi sumbatan di sana-sini," ujar Agus.

Namun, Agus tidak menyebut apakah janjinya menormalisasi kali itu disertai pula dengan relokasi.

Di tepi kali itu terlihat lebih banyak lapak UMKM dibandingkan dengan rumah warga. Agus mengatakan, ia ingin warga turut berperan serta dalam menjaga kebersihan kali tersebut.

Kebersihan kali itu disebutnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah. "Harus ada kesadaran dan gerakan warga untuk meyakinkan lingkungan mereka dalam kondisi yang baik, tidak terjadi penumpukan sampah," ujar Agus. (Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru