Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol di Aceh Senilai Rp 13,5 Triliun

Senin, 09 September 2024 | 13:37 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol di Aceh Senilai Rp 13,5 Triliun

ILUSTRASI. Alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan Seksi I Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, Aceh, Selasa (7/5/2024). Jokowi meresmikan 4 ruas tol di Aceh senilai Rp 13,5 triliun, ruas tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra.


JALAN TOL - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 4 ruas tol di Aceh senilai Rp 13,5 triliun. Ruas tol yang diresmikan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra.

Jokowi menyampaikan, pemerintah akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol, termasuk tol Trans Sumatra sepanjang 2.998 km.

Tol ini nantinya akan tersambung dari Lampung sampai ke Aceh. 

Baca Juga: Satu Dekade, Apa Kabar Poros Maritim Dunia?

Dia berharap dengan jalan Tol Trans Sumatra akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra.

Serta meningkatkan efisiensi waktu tempuh dan meningkatkan multiplier effect dari masyarakat. 

"Hari ini kita akan meresmikan 4 dari 6 seksi jalan tol Sigli - Banda Aceh sepanjang 35 km. yang dibangun sejak tahun 2019 dan menelan biaya yang tidak sedikit yaitu Rp 13,5 triliun," jelas Jokowi, Senin (9/9).

Adapun, 4 seksi yang akan diresmikan antara lain seksi 2 Seulimeum - Jantho, seksi 3 Jantho - Indrapuri, seksi 5 Blang Bintang - Kuto Baro, dan seksi 6 Kuto Baro - Baitussalam.

Baca Juga: Pakai Megafon, Jokowi Pamit dan Minta Maaf ke Warga yang Kumpul di Pasar Soponyono

"Saya yakin infrastruktur penting ini menumbuhkan titik ekonomi baru, usaha baru memotivasi UMKM melakukan perluasan usaha dan membangkitkan perekonomian di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru