Karhutla meluas hingga 100 hektare di Ketapang

Senin, 19 Agustus 2019 | 06:18 WIB Sumber: Kompas.com
Karhutla meluas hingga 100 hektare di Ketapang

ILUSTRASI. Pemadaman kebakaran lahan


KEBAKARAN LAHAN - KETAPANG. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Jalan Pelang-Tumbang Titi, Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), hingga Minggu (18/8) malam. Gubernur Kalbar Sutarmidiji mengatakan, hingga Minggu malam sudah lebih dari 100 hektare lahan yang terbakar.

"Ini kebakaran lahan di (Jalan) Pelang Ketapang dan belum padam. Sudah lebih 100 hektare yang terbakar," kata Sutarmidji, Minggu malam. Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan sangat berbahaya bagi semua aspek kehidupan sekarang dan masa depan. Maka dari itu, tindakan tegas harus dilakukan oleh semua pihak yang berwenang.

"Tindakan tegas harus dilakukan kepada siapapun pelakunya, apalagi kalau itu perusahaan," ujarnya. Gubernur Sutarmidji atau akrab disapa Midji menegaskan, terkait kebakaran hutan dan lahan, akan ada tindakan konkret jika kawasan itu merupakan lahan konsesi perkebunan kelapa sawit ataupun hutan tanaman industri (HTI).

"Senin akan dikerahkan empat helikopter untuk memadamkan api. Insyaallah Pontianak besok hujan. Berdoa ya," ucapnya.

Lima titik api

Sementara itu, Kepala Manggala Agni Daops Ketapang, Rudi Windra Darisman mengatakan, kebakaran lahan di Jalan Pelang, pertama kali pada Kamis (15/8) siang. Api muncul di lima titik berbeda.

"Hal ini merepotkan petugas dalam penanganannya, padahal telah dibantu oleh dua unit helikopter," kata Rudi melalui keterangan tertulisnya.

Menurut dia, untuk penanganan karhutla di Desa Sungai Pelang, telah dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Ketapang, Suprapto di Makodim 1203 Ketapang. Tujuan rakor tersebut diantaranya untuk menginventarisir sumber daya pengendalian karhutla meliputi sumberdaya manusia serta sarana dan prasarana agar upaya penanganan dapat dilakukan secara optimal, efektif dan efisien. (Hendra Cipta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Karhutla Meluas di Ketapang, Gubernur Kalbar Minta Pelaku Pembakaran Ditindak Tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru