Kebakaran RSPP, 134 Pasien Dievakuasi dan Tidak Ada Korban Jiwa

Senin, 26 Agustus 2024 | 17:32 WIB   Reporter: kompas.com
Kebakaran RSPP, 134 Pasien Dievakuasi dan Tidak Ada Korban Jiwa

Pemadam kebakaran bersiap melakukan pendinginan saat kebakaran melanda Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta, Senin (26/8/2024).


KEBAKARAN - JAKARTA. Sebanyak 134 pasien Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta Selatan berhasil dievakuasi setelah kebakaran terjadi di rumah sakit tersebut, Senin (26/8/2024) siang.

Plt Direktur Utama Pertamedika IHC, dr Lia Partakusuma, memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran.

"Kami memastikan tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, dan pasien telah ditangani dengan baik," ujar Lia saat diwawancarai di lokasi kejadian, Senin.

Menurut Lia, sumber api berada di lantai 4 Gedung F, yang bukan merupakan area pelayanan pasien.

Baca Juga: Usai Insiden Kebakaran, Korea Selatan Sertitifikasi Baterai Kendaraan Listrik

"Di lantai ini bukan area pelayanan, melainkan area kerja. Kebetulan kami sedang melakukan renovasi, dan kebakaran terjadi di area tersebut," jelasnya.

Saat ini, semua pasien telah dievakuasi ke Gedung B lantai 1 dan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Gedung D

"Jadi semua dievakuasi ke gedung B1 (yang tidak terbakar) di ruangan rawat jalan dan ruang IGD," kata dia.

Lia juga menegaskan bahwa seluruh pasien telah mendapatkan penanganan yang baik, dengan beberapa dokter tetap siaga di dekat para pasien.

"Penanganan akan terus dilakukan hingga kondisi aman untuk memulangkan pasien ke ruang rawat inap seperti semula," kata Lia.

Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan menerima laporan kebakaran di RSPP sekitar pukul 13.30 WIB.

“Waktu laporan diterima sekitar pukul 13.30 WIB. Objek kebakaran gedung RSPP lantai 6,” ujar Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda.

Sebanyak 20 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan api. “Petugas tiba di lokasi sekitar pukul 13.37 WIB,” lanjut Huda. Proses pemadaman dimulai sekitar pukul 13.40 WIB dan kini telah selesai.

Baca Juga: PDI Perjuangan Urung Umumkan Calon Cagub dan Cawagub Jakarta di Pilkada 2024

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Ada Korban dalam Kebakaran RSPP, 134 Pasien Dievakuasi", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/26/17151981/tak-ada-korban-dalam-kebakaran-rspp-134-pasien-dievakuasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru