Kebijakan social distancing saat wabah corona membawa dampak baik bagi planet bumi

Rabu, 22 April 2020 | 23:05 WIB Sumber: Kompas.com
Kebijakan social distancing saat wabah corona membawa dampak baik bagi planet bumi

ILUSTRASI. Planet Bumi


PLANET BUMI -  JAKARTA. Tepat tanggal 22 April 2020, dunia memeringati Hari Bumi yang ke-50. Namun, Hari Bumi tahun ini harus diperingati dalam situasi yang tidak begitu baik lantaran manusia tengah diteror wabah Covid-19.

Semua negara termasuk Indonesia sedang berjuang melawan Covid-19. Namun, ternyata ada hal positif yang dapat diambil di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Iran meluncurkan satelit militer pertamanya, saat ini sudah berada di orbit

Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi, mengatakan, dampak baik bisa muncul selama penerapan social distancing di Jakarta.

Salah satunya berkurangnya aktivitas warga menggunakan transportasi terkhusus sepeda motor.

“Ya pertahankan kebiasaan yang kita mulai selama pandemi mulai dari membiasakan diri tidak lagi menggunakan kendaraan bermotor. Mudah-mudahan akan menjadi kebiasaan dan seterusnya,” ujar Tubagus saat dihubungi Rabu (22/4/2020).

Selain itu, Tubagus mengamini fakta selama social distancing, sampah mulai berkurang di Jakarta. Hal tersebut dikarenakan kegiatan perkantoran dan sekolah mulai dikurangi.

Baca Juga: Cegah penyebaran virus corona, PGN (PGAS) tingkatkan transaksi non-tunai di SPBG

“Karena salah satu sumber sampah adalah sekolah dan perkantoran. Itu dua hal yang sederhana yang bisa diambil penting sebagai pelajaran,” ucap dia.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru