Kementerian PUPR Akan Uji Coba Pembangunan ART di IKN

Senin, 22 April 2024 | 10:02 WIB   Reporter: Arif Ferdianto
Kementerian PUPR Akan Uji Coba Pembangunan ART di IKN

ILUSTRASI. pembangunan IKN


IKN NUSANTARA - JAKARTA - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melakukan uji coba pembangunan kereta tanpa rel alias automated rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini digadang-gadang usai melakukan lawatan ke China pekan lalu.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menjelaskan pembangunan ART di IKN tersebut akan dilakukan dengan koordinasi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Rencananya Kementerian Perhubungan yang membuat namanya ART. Ini kereta tidak pakai supir dan relnya bukan rel fisik, tapi magnet atau pakai sensor," ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (19/4).

Baca Juga: Agar APBN Tak Jebol

Danis mengungkapkan, pihaknya diminta untuk bekerja sama dengan Kemenhub, sebab lintasan kereta tanpa rel tersebut bakal melewati jalan yang tengah disiapkan oleh Kementerian PUPR. 

"Kita diminta menemani Kemenhub karena nanti akan lewat jalan yang sedang kita siapkan," ungkapnya.

Danis menuturkan, uji coba pembangunan kereta tanpa rel tersebut akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Rencananya, proses uji coba bakal dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN, di mana akan dilakukan pada trase sepanjang 4 hingga 5 kilometer.

"Kalau jalannya di Sumbu Kebangsaan Barat sudah hampir selesai sudah 90%-an," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan kunjungan ke China dalam rangka mempelajari kereta tanpa rel tersebut yang bakal dibangun di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru