KPU DKI siapkan 2,5% surat suara tambahan per TPS

Rabu, 11 Januari 2017 | 18:05 WIB Sumber: Kompas.com
KPU DKI siapkan 2,5% surat suara tambahan per TPS


JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta merilis surat suara pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Jumlah surat suara dicetak sejumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada DKI 2017, yakni 7,10 juta pemilih.

Komisioner KPU DKI Jakarta Mohamad Fadlilah mengatakan, KPU DKI juga menyiapkan 2,5% surat suara tambahan dari jumlah DPT. Surat suara tambahan tersebut disebar berdasarkan jumlah DPT di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"2,5% tambahan (surat suara) per TPS. Jumlah DPT kita 7,10 juta. TPS-nya 18.430, surat suara 7,29 juta lembar," ujar Fadlilah, Rabu (11/1).

Selain surat suara tambahan 2,5% dari jumlah DPT, KPU DKI Jakarta menyiapkan surat suara tambahan untuk mengantisipasi terjadi pemungutan suara ulang. "Plus 2.000 surat suara apabila ada pemungutan suara ulang," kata dia.

KPU DKI Jakarta telah meninjau proses produksi surat suara di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia menyebut proses produksi berjalan dengan baik dan lancar.

"Setelah surat suara selesai diproduksi, kami lakukan proses sortir terhadap surat suara untuk memastikan surat suara yang dalam kondisi baik. Proses ini dilakukan di KPU kabupaten/kota," ucap Fadlilah.

Pemungutan suara akan dilakukan pada 15 Februari 2017. Saat ini, Pilkada masih dalam tahap masa kampanye yang akan berlangsung hingga 11 Februari 2017.

Adapun Pilkada DKI 2017 diikuti oleh tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

(Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru