kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mimpi Bogor punya LRT segera terwujud


Selasa, 16 Juli 2019 / 12:07 WIB
Mimpi Bogor punya LRT segera terwujud

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Stasiun akhir light rail transit ( LRT) Jakarta- Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) sebentar lagi akan dibangun di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Dengan begitu, mimpi warga Bogor untuk menggunakan moda transportasi pengangkut massal itu pun mendekati kenyataan. 

Ditunjuknya lokasi Terminal Baranangsiang sebagai stasiun akhir LRT penghubung Jakarta-Bogor itu disepakati setelah pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bertemu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Senin (15/7). 

Penetapan stasiun akhir kereta api ringan terintegrasi itu juga mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengungkapkan, dipilihnya Terminal Baranangsiang sebagai stasiun akhir kereta ringan lantaran kawasan itu sudah masuk dalam master plan pembangunan Transit Oriented Development (TOD). Bambang mengatakan, jika pembangunan LRT di Kota Bogor sudah siap, Pemkot Bogor harus memikirkan transportasi lanjutan di dalam kota. 

Menurutnya, sistem  jaringan LRT perlu disinergikan sehingga Kota Bogor menjadi lebih nyaman. "Kalau tak ditata dari sekarang, nanti orang turun dari LRT bingung selanjutnya mau naik apa. Jadi malah berantakan lagi. Sehingga harus disinergikan jaringan transportasinya," ucap Bambang. 

Bambang menjelaskan, keberadaan LRT tidak akan menghilangkan fungsi Terminal Baranangsiang itu sendiri. Justru menurutnya, dengan adanya stasiun LRT di sana diharapkan dapat berbarengan dengan revitalisasi Terminal Baranangsiang. 

Selain itu, kehadiran moda transportasi LRT ini dapat mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum. "Meski konsepnya TOD tapi tidak akan menghilangkan fungsi terminal," kata Bambang. 




TERBARU

Close [X]
×