Rapat Perdana Jokowi di IKN, Ini yang Dibahas

Senin, 29 Juli 2024 | 19:08 WIB   Reporter: Handoyo
Rapat Perdana Jokowi di IKN, Ini yang Dibahas

Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono (tengah) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) Wakil Menteri ATR yang juga Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni (kanan) memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana Garuda IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono beserta jajaran OIKN di Istana Garuda, Kawasan IKN, pada Senin, 29 Juli 2024. 

Pertemuan ini menjadi kunjungan menteri pertama yang diterima oleh Presiden di kantor barunya tersebut.

Pertemuan Pertama di Kantor Baru

Menteri Basuki Hadimuljono menyampaikan kebanggaannya menjadi organisasi pertama yang diterima Presiden di IKN. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Hari ini Pak Presiden sudah berkantor di IKN dan kami beruntung menjadi tamu, organisasi pertama yang diterima oleh Bapak Presiden. Saya lengkap dengan para deputi dengan ditemani oleh Pak Menteri Perhubungan,” ujar Menteri Basuki.

Baca Juga: Hari Kedua di IKN, Jokowi Sampaikan Hal Ini

Partisipasi Masyarakat dalam Penataan IKN

Presiden menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses penataan IKN. Hal ini untuk memastikan bahwa masyarakat tidak merasa tergusur dan jika diperlukan relokasi, tempat yang baru harus lebih baik.

“Jadi jangan sampai masyarakat merasa tergusur. Tapi kalau bisa kalau memang harus direlokasi dicarikan tempat yang lebih baik,” ungkap Basuki.

Pengelolaan Investasi di IKN

Presiden juga menekankan pentingnya pengelolaan investasi yang cepat dan efisien di IKN. Kelengkapan perjanjian kerja sama (PKS) menjadi syarat sebelum memulai proyek pembangunan berikutnya.

“Sehingga sekarang kalau dengan PKS mereka sudah mulai membayar kontribusi itu dan kita masukkan dalam rekening sementara yang tidak akan dipakai oleh OIKN. Belum boleh dipakai,” jelas Basuki.

Peran Badan Usaha Milik Otorita (BUMO)

Basuki mengungkapkan bahwa BUMO akan difokuskan untuk mendukung pengembangan dan menciptakan keramaian di IKN. Proyek-proyek seperti pembangunan bioskop, teater, hingga kebun binatang akan menjadi tugas BUMO.

“Termasuk misalnya kebun binatang, maksudnya yang bangun kebun binatang itu ditugaskan nanti kepada BUMO. Jadi sudah lebih jelas lagi,” tutur Basuki.

Baca Juga: Besok, Jokowi akan Rapat dengan Jajaran Keamanan di Istana Garuda IKN

Kemajuan Transportasi di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan kemajuan terkait transportasi di IKN. 

Kereta api ringan (ART) telah tiba di Balikpapan dan akan memulai uji coba pada 5 Agustus 2024. Namun, ada potensi keterlambatan pada pembangunan bandara IKN.

“Itu suatu poin yang baik melegakan karena kita tidak akan melakukan satu kegiatan konstruksi yang nantinya gagal konstruksi. Itu secara profesional harus kita pertanggungjawabkan sebagai pemerintah,” ujar Budi Karya Sumadi.

Pemindahan dan Integrasi Transportasi

Selain itu, Budi Karya Sumadi melaporkan tentang pemindahan Teluk Balikpapan dan kolaborasi untuk mengintegrasikan transportasi dari Balikpapan ke IKN. Teknologi pemantauan pergerakan juga sedang dipersiapkan untuk mendukung transportasi di kawasan IKN.

“Kita kolaborasi dari Balikpapan ke sini kami yang tanggung jawab, di dalam OIKN. Tetapi kami juga menyiapkan APMS atau teknologi pemantauan pergerakan di OIKN. Insyaallah dalam waktu dekat ini juga selesai,” jelas Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru