Simulasi Pengamanan KTT G20, Ruas Jalan Di Bali Ini Diterapkan Rekayasa Lalu Lintas

Jumat, 11 November 2022 | 05:57 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Simulasi Pengamanan KTT G20, Ruas Jalan Di Bali Ini Diterapkan Rekayasa Lalu Lintas

ILUSTRASI. Simulasi Pengamanan KTT G20, Ruas Jalan Di Bali Ini Diterapkan Rekayasa Lalu Lintas


KTT G20 - Denpasar. Info penting untuk pengguna jalan di Denpasar, Bali. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menutup dan mengalihkan arus lalu lintas (lalin) selama gladi rangkaian  pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali hari ini Jumat (11/11). Cek juga ruas jalan yang akan diberlakukan ganjil genap selama KTT G20 di Bali.

Dilansir dari website resmi Korlantas Polri, penutupan dan pengalihan lalin di beberapa ruas jalan di Denpasar tersebut dilakukan agar gladi berjalan lancar. “Malam ini segera mensosialisasikan penutupan dan pengalihan arusnya buat gladi rangkaian besok,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Eddy menjelaskan, gladi rangkaian lengkap akan dipersiapkan dari hotel masing-masing Delegasi dimulai pukul 07.00 WITA ke The Apurva Kempenski Hotel yang akan dimulai pukul 08.00, Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Penutupan dan pengalihan arus lalin dilakukan hingga selesai gladi di lokasi tersebut, sekitar pukul 12.00 WITA. “Simulasi Gladi di Apurva Kempinski Hotel akan dilakukan sampai menjelang Shalat Jum’at,” kata Eddy.

Baca Juga: Ada KTT G20, Pesawat ke Bali Dibatasi

Setelah itu, Eddy menyebut rangkaian gladi akan memulai simulasi selanjutnya di Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai di Denpasar. Gladi di lokasi ini akan mulai dilakukan sekitar pukul 12.30 WITA sampai dengan selesai.

“Untuk simulasi Gladi Gala Diner di Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan disesuaikan dengan waktu sebenarnya pukul 18.10 WITA sampai dengan selesai,” kata Eddy.

Eddy pun mengimbau masyarakat untuk tertib berkendara untuk kelancaran bersama. Eddy juga mengimbau pengendara untuk mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat di lokasi penutupan agar tertib berkendara untuk kelancaran bersama. Tetap utamakan keselamatan dijalan dan hindari potensi-potensi kecelakaan dengan menaati peraturan lalu lintas,” katanya.

Eddy berharap, gladi utuh yang melibatkan 42 rangkaian ini dapat berjalan lancar dan aman. Sehingga, kata Eddy, pengamanan perhelatan KTT G20 nantinya bisa berjalan baik dan maksimal.

“Semoga gladi rangkaian pengamanan KTT G20 berjalan maksimal dan event internasional ini berjalan lancar sampai selesai,Kami juga mohon maaf atas ketidaknyamanan bila ada yang terganggu dalam perjalannya,” pungkas Eddy.

Ganjil genap di Bali

Polisi juga mulai memberlakukan kebijakan ganjil genap di 10 ruas jalan selama pelaksanaan KTT G20 di Bali. Ganjil genap di Bali diharapkan membantu kelancaran lalu lintas selama pelaksanaan KTT G20.

Sistem ganjil genap di Bali kendaraan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) DRJD 3 Tahun 2022 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Pembatasan jalur lalu lintas ini mulai berlaku pada 11-17 November 2022, pukul 06.00 WITA sampai 22.00 WITA.

Berikut daftar 10 ruas jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap di Bali adalah:

  1. Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur
  2. Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran
  3. Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai
  4. Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua
  5. Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa
  6. Simpang Lapangan Terbang (Denpasar)-Tugu Ngurah Rai
  7. Jimbaran-Uluwatu
  8. Jalan Tol Bali Mandara
  9. Jalan Uluwatu II
  10. Jalan Raya Kampus Udayana

Dalam aturan tersebut disebut, mobil penumpang dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ganjil melintas pada tanggal genap. Sedangkan, mobil penumpang dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) genap melintas pada tanggal ganjil.

Itulah informasi terkait pengalihan arus lalu lintas dan pelaksanaan ganjil genap di Bali mulai 11 November 2022. Mari patuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan di jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru