Transjakarta sediakan halte ramah disabilitas

Kamis, 20 Oktober 2016 | 18:41 WIB   Reporter: Rizki Caturini
Transjakarta sediakan halte ramah disabilitas


JAKARTA. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan sejumlah halte ramah bagi para penyandang disabilitas atau difabel di ibu kota. 

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh PT Transjakarta, terdapat kurang lebih 75 halte bus Transjakarta yang ramah difabel dan dapat digunakan oleh pengguna kursi roda.

"Dan saat ini sedang dilakukan pembenahan. Halte ramah difabel juga akan dilengkapi dengan toilet," ujar Budi.

Halte-halte yang ramah difabel itu rencananya akan diberi cat warna hijau muda pada tiang ram jembatan penghubung dengan jembatan penyeberangan orang. "Tiang warna hijau itu akan menjadi penanda sebagai halte ramah difabel. Ke depannya, halte ramah penyandang disabilitas juga akan dilengkapi dengan 'sign block' berbentuk kursi roda," tutur Budi.

Pembenahan halte-halte yang ramah difabel itu turut melibatkan pihak swasta. Halte Balai Kota nantinya akan dijadikan sebagai model percontohan halte ramah difabel. "Biaya investasi dan operasional toilet yang ada di halte bus Transjakarta nantinya akan diperoleh dari iklan yang dipasang di toilet. Tapi, kami juga akan kembangkan sistem tap in di toilet, jadi nanti ada biaya toilet sekitar Rp 2.000," ungkap Budi.

(Cornea Khairany)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru