HOME

Akibat banjir, 50 truk ayam potong asal Ciamis tujuan Jakarta tertahan di Bekasi

Jumat, 03 Januari 2020 | 16:53 WIB Sumber: TribunNews.com
Akibat banjir, 50 truk ayam potong asal Ciamis tujuan Jakarta tertahan di Bekasi

ILUSTRASI. 50 truk ayam potong asal Ciamis tujuan Jakarta tertahan di Bekasi. KONTAN/Baihaki/30/7/2018

KONTAN.CO.ID - CIAMIS. Sedikitnya 50 truk pengangkut ayam pedaging dari Ciamis terjebak macet selama dua hari dua malam dan tidak bisa memasuki kawasan Jakarta dan Tangerang.

Setiap truk berisi rata-rata 2 ton ayam hidup siap sembelih. Ini membuat tidak bisa memasok kebutuhan pasar Jabodetabek karena terjebak dua hari dua malam di Bekasi. Sekitar 100 ton ayam pedaging dari Ciamis pun terjebak banjir.

Baca Juga: Pasca banjir, jaringan Telkomsel kembali normal

“Truk pengangkut ayam yang terjebak macet itu berangkat dari Ciamis Rabu (1/1) malam, pas hari pertama tahun baru.

Normalnya ayam itu sudah masuk Jakarta Kamis (2/1) siang, dengan lama perjalanan sehari selama. Karena terjebak macet, sekitar 50 truk berisi ayam dari Ciamis tersebut baru masuk tadi malam ke pangkalan di Jakarta dan Tangerang sekitar pukul 23.00 malam.

Dua hari dua malam terhadang banjir,” ujar H Komar, pengurus Paguyuban Perunggasan Priangan Timur kepada Tribun, Jumat (3/1). Dari 50 truk pengangkut ayam yang terjebak banjir tersebut rata-rata berisi 100 keramba berisi ayam hidup.

Tiap keramba berisi 10 ekor ayam broiler, sedangkan yang berisi ayam pedaging layer jantan (pejantan) lebih dari 20 ekor/karamba. “Rata-rata tiap truk membawa 2 ton ekor ayam siap sembelih. Jadi dari sekitar 50 truk yang terjebak banjir tersebut berisi sekitar 100 ton ayam hidup,” katanya.

Baca Juga: AAUI desak asuransi umum segera urus penanganan klaim banjir

Editor: Handoyo .
Terbaru