Anies sindir Ahok soal janji Kampung Deret

Jumat, 13 Januari 2017 | 22:31 WIB Sumber: Kompas.com
Anies sindir Ahok soal janji Kampung Deret


JAKARTA. Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, bertanya kepada cagub DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, terkait janji membangun Kampung Deret yang dikampanyekannya saat maju menjadi cawagub mendampingi Joko Widodo pada Pilkada DKI 2012.

Menurut Anies, janji untuk membangun Kampung Deret bahkan dijadikan kontrak politik. "Izin saya mengingatkan bahwa lima tahun lalu pernah ada janji dan janji itu mengatakan akan dibangun Kampung Deret di pinggir-pingir sungai. Di mana janji itu? Di mana kontrak politik yang ditandatangani itu?" kata Anies, dalam debat cagub-cawagub DKI Jakarta, di Auditorium Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1).

Anies kemudian berjanji akan melaksanakan janji yang tidak dilaksanakan Jokowi dan Ahok itu jika nantinya terpilih. Menurut Anies, membiarkan warga tetap tinggal di bantaran kali bukan berarti membiarkan mereka dalam keterbelakangan.

Ia menilai penataan kawasan bantaran kali di Jakarta bisa mencontoh kawasan Kali Code di Yogyakarta dan kali yang ada di Malang.

Anies mengaku punya banyak teman semasa sekolah yang dulunya tinggal di Kali Code namun kini sudah punya kehidupan yang baik karena mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan lapangan pekerjaan.

Pada kesempatan itu, Anies juga sempat menyinggung program Rp 1 miliar per RW yang dijanjikan cagub nomor satu, Agus Harimurti Yudhoyono.

"Memberi sesuatu itu baik. Tapi yang tidak kalah penting memberikan harga diri dan kepercayaan diri bahwa mereka sejahtera bukan karena cash transfer. Tapi karena mereka bisa berusaha mandiri lewat lapangan pekerjaan," ucap Anies. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru