Garuda Kantor Presiden Selesai Dibangun, Kapan Jokowi Berkantor di IKN?

Selasa, 23 Juli 2024 | 04:26 WIB Sumber: Kompas.com
Garuda Kantor Presiden Selesai Dibangun, Kapan Jokowi Berkantor di IKN?

ILUSTRASI. Pembangunan landmark garuda di Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung, Sabtu (20/7/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


IKN NUSANTARA - Pembangunan landmark garuda di Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung, Sabtu (20/7/2024). 

Rampungnya proyek tersebut ditandai dengan selesainya pemasangan bilah terakhir dan tertinggi atau topping off Garuda di Kantor Presiden IKN. 

Pemasangan bilah Garuda di Kantor Presiden berjalan sekitar sepuluh bulan sejak pemasangan bilah perdana oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (17/9/2023) lalu. 

“Alhamdulillah kita melihat dan melakukan pelaksanaan pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Senin (12/7/2204). 

Setelah pembangunan Kantor Presiden rampung, kapan Jokowi berkantor di IKN? 

Kapan Jokowi berkantor di IKN? 

Juru Bicara Otorita IKN (OIKN) Troy Pantouw mengatakan, pihaknya belum mengetahui kapan Jokowi akan berkantor di Kantor Presiden IKN. 

Menurut Troy, jadwal Jokowi berkantor di IKN menunggu perkembangan dan cukup dinamis. 

“Belum tahu jadwal beliau,” kata Troy ketika dihubungi Kompas.com, Senin (22/7/2024). 

Troy enggan menjawab soal kesiapan Jokowi berkantor di IKN, seperti ketersediaan air dan listrik di Kantor Presiden. 

Terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, Jokowi tetap akan berkantor di IKN. 

Baca Juga: Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah bagi Kalimantan Timur

Namun, ia tidak menyebutkan tanggal berapa Jokowi akan bertolak dan berkantor di ibu kota yang baru. 

Menurut Moeldoko, syarat Jokowi berkantor di IKN adalah kesiapan sarana dan prasarana. 

“Pak Bas (Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) sudah memberikan sinyal atas kesiapan (Jokowi berkantor di IKN),” jelas Moeldoko dikutip dari Antara, Senin. 

Ia menambahkan, pembangunan IKN juga masih sesuai rencana, termasuk agenda Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN. 

“Akan dijalankan di IKN. Nanti Pak Presiden Jokowi akan didampingi Bapak Presiden terpilih berikutnya di Istana Negara di sini akan dipimpin Wapres (Wakil Presiden) dan Wapres terpilih,” kata Moeldoko. 

Baca Juga: 4.650 Bilah Sayap Burung Garuda Kantor Presiden di IKN Telah Selesai Terpasang

Meski pembangunan Kantor Presiden sudah rampung, progres pembangunan IKN secara keseluruhan diperkirakan baru mencapai 15 persen pada Sabtu (17/8/2024). 

Karena alasan itulah Jokowi meminta semua pihak supaya tidak membayangkan IKN sudah jadi pada bulan depan. 

"Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya. Paling nanti 17 Agustus itu paling dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15 persen," kata Jokowi dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/7/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Garuda Kantor Presiden Selesai, Kapan Jokowi Berkantor di IKN?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru