Ada yang laporkan tender UPS Jakarta ke Polda

Selasa, 03 Maret 2015 | 16:47 WIB Sumber: Kompas.com
Ada yang laporkan tender UPS Jakarta ke Polda

Karyawan berjalan di depan layar digital yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.


JAKARTA.  Polda Metro Jaya menyelidiki kasus pengadaan uninterruptible power supply (UPS) untuk sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan permintaan beberapa pihak. 

“Ada permintaan untuk menyelidiki pengadaan UPS, jadi siap mengusutnya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Martinus Sitompul di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/3). 

Namun, ia enggan menyebutkan pihak yang meminta penyelidikan itu. Ia hanya menyebutkan, pihak yang meminta mengusut lebih dari satu. Ia mengatakan, penyelidikan meliputi orang, dokumen, barang, dan lokasi. Saat ini, kepolisian masih menyelidiki kasus yang menghabiskan dana sebanyak Rp 330 miliar tersebut. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membeberkan bahwa data pengadaan perangkat UPS atau pasokan daya bebas gangguan pada APBD 2014 dengan harga sekitar Rp 5,8 miliar tiap unitnya.

Basuki mencurigai perusahaan-perusahaan pemenang tender ini merupakan pihak yang sama. Perusahaan-perusahaan yang memenangkan tender pengadaan UPS untuk sekolah-sekolah itupun kebanyakan tidak jelas. 

Dari hasil penelusuran Kompas.com dalam beberapa hari terakhir, alamat dari perusahaan-perusahaan itu kebanyakan justru ditempati oleh toko-toko kecil. Pemilik atau pekerja di toko-toko itu pun mengaku tidak tahu menahu soal tender pengadaan UPS. Karena itu, ada dugaan perusahaan-perusahaan itu hanyalah fiktif belaka. (Unoviana Kartika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru